Apa itu Estonia e-Residency?

Ada yang pernah dengar tentang Estonia e-Residency? Ini program yang menarik untuk pengusaha yang mengincar pasar global dan ingin mendaftarkan usahanya di salah satu negara di Uni Eropa yang bernama Estonia.

Berikut artikel perkenalannya: https://asepbagja.com/posts/apa-itu-estonia-e-residency/

3 Likes

ow ternyata ketemu jawapnya disini :slight_smile:

1 Like

Pernah dapat informasinya ya? Dulu kepikirannya apa kalau boleh tahu?

1 Like

Kemarin di thread lain di forum ini pernah tanya sama mbak @retnoika ttg hal ini, tapi di jawabannya tidak terlalu tegas menjawab tentang ; kenapa Estonia? Sebelumnya pernah dengar tentang Tanibox (yang mungkin kang @asepbagja dan mbak @retnoika sering ditanya hubungan Tanibox dan Tanihub :slight_smile: saya fikir perusahaan Indoensia (Tanihub) buka untuk pasar eropa dg nama Tanibox, sampai saya baca tautan diatas, dan kemudian berlanjut ke browsing ke tautan lainnya, hingga tercerahkan.

Beberapa waktu lalu saya ditawari jadi co-founder bikin small task solver app sama teman, tapi menurut pendapatnya, idenya ini akan sulit dapat traksi kalo dimulai di Indonesia, oleh karenanya dia dan kawannya yg di US mau targetkan pasar US, saya sih iya iya aja, selama saya bisa buat dari sini. Cuman ada bbrp hal yang saya gak ngerti terkait perizinan, bangun perusahaan dll. well, memang itu bukan tugas saya, tapi setidaknya pengen tau juga.

FYI, saat ini saya juga lg ngembangin platform free vector gallery hasil dari kolaborasi dengan kawan-kawan designer grafis disini yg sebelumnya sudah lama jadi freelance. Mereka punya banyak klien dari luar, hasil dari awalnya submit gambar-gambar mereka ke freepik atau shutterstock etc. nah dengan platform ini mereka bisa submit disana, dapat hasil buat nabung untuk bangun designer camp di Tasik, menyerap tenaga kerja, mendidik dan menyalurkan para lulusan sekolah kejuruan ke bidang yang tepat, setidaknya itu tantangannya. Dan mirip juga, kalo target market di Indonesia kurang menarik buat kami, jadi kami coba targetkan untuk pasar global. Nah disini benang merahnya, dengan tau informasi tentang e-residency Estonia, jd kepikiran juga untuk targetkan pasar EU. Dengan berguru pada kang @asepbagja tentunya :slight_smile:

Kalau menurut saya sih ada 2 gerbang yang cukup mudah dan murah untuk masuk ke pasar Uni Eropa dan Amerika Serikat:

  • Uni Eropa via Estonia e-Residency
  • Amerika Serikat via layanan Stripe Atlas

Bedanya kalau Stripe Atlas ya ini layanan yang bikin swasta juga, sedangkan Estonia e-Residency memang inisiatif dari negara. Saya dulu sempat menimbang-nimbang juga untuk pakai Stripe Atlas, cuma berhubung yang serupa Tanibox di US sudah lumayan banyak yang matang jadinya kami coba ke Eropa saja deh.

Cuma ya perlu diingat, Uni Eropa memang terkenal sebagai single market tapi bukan single culture. Masalah pelokalan bakal terasa banget, karena hampir setiap negara Eropa punya bahasa nasionalnya masing-masing. Estonia yang orang-orang mudanya lancar bahasa Inggris, tetap saja web-webnya dan materi pemasarannya (misal email) masih tetap menggunakan bahasa Estonia.

1 Like

Kalo di Tanibox apa melibatkan orang lokal juga supaya bisa komunikasi dg market disana? atau sepenuhnya dari Indonesia?

Kalau di Estonia sih malah kami belum ada jualan. Tapi untuk di Hungary dan Lithuania kami ada partner lokal.

Kalo apply dari Indonesia, berarti ngambil digi-ID di Singapura ya? tapi saya search di Google Map gak nemu kedutaan Estonia di Singapura

Memang ga ada kedutaan di Singapura. Dia cuma ada honorary consulate, tapi memang tempat buat ambil kartu.