Cara meminta masukan dari rekan kerja

Apakah dari teman-teman ada yang meminta masukan dari rekan kerjanya secara berkala untuk memperbaiki diri sendiri, kalau ada kira-kira bagaimana cara teman-teman untuk meminta masukan tersebut ?

Apakah ada cara yang disarankan? agar rekan kerja yang memberi masukan berkata jujur walaupun itu menyakiti, karena hal yang menyakiti kadang lebih baik. :stuck_out_tongue_closed_eyes:

1 Like

Aku dulu waktu masih di agensi lama malah minta kritik dari karyawan. Caranya ya undang ke ruang meeting, terus langsung tanya-tanya aja apa yang bisa diperbaiki.

3 Likes

Beberapa temen satu tim biasanya bikin survey form sendiri (intinya nanyain gimana kesannya kerja sama dia selama ini) trus dibagiin ke orang2 yang sering kerja bareng. Biasanya mereka kirim di akhir quarter gitu. Formnya dibikin anonim juga biar yang ngasih feedback juga ngga sungkan.

Kalau temen satu timnya setuju sih bisa juga dibikin peer review. Tapi yang ini butuh keterbukaan dan kelegaan hati untuk nerima kritik. Karena diadainnya secara langsung dan bareng-bareng.

3 Likes

Wah, udah sampai mikirin beginian aja udah bagus banget. Ya tinggal tanya sih sebenarnya. Tapi pas nanya Lo kasi batasan juga, biar gak melenceng ke ranah personal misalnya. Trus Lo juga jangan baper kalo dikasi masukan.

Dalam konteks pekerja remote agak susah ya karena jarang ketemu. Tapi mungkin bisa jadiin bagian dari proses kerja sih. Tiap akhir sprint (retrospektif) misalnya, tim harus saling kasi masukan. Biar ada alesan formal aja sih sebenarnya. Hehe.

2 Likes

Kalo untuk masalah kantor / kerjaan biasanya minta masukan ke tim juga.

Cuman emang harus pilih2 juga, karena kalo terlalu banyak orang yg β€œmerasa” dimintain saran kadang sampe annoying

2 Likes

saya pribadi lebih suka mengejar pujian daripada kritik dengan bekerja secepat mungkin dan seresponsive mungkin

misal boss ngechat pagi ini, dalam waktu kurang dari 5 menit kita harus jawab

kenapa begitu ?, karena kritik akan datang sendirinya tanpa diminta, kalo kerjaan kita jelek, ya boss pasti komplain

lagipula meminta kritik dari rekan kerjan imo gak ada gunanya, sebagian dari mereka punya motivasi pribadi buat ngejatuhin kita

terus sebagian lagi gak akan mau ngekritik secara jujur, paling2 ngeluarin kritik yang aman2 aja yang kata2nya dipilih supaya bikin kita gak tersinggung

1 Like