ada 2 macam client
- client pelit
- client kaya raya
client pelit akan selalu kepo tentang jam kerja walopun kerja kita bagus, dan nanya2 mulu
task ini kok abis segini, task itu kok abis segitu … buat saya berhadapan dengan client ini sulit mencapai kata “fair”, kalo ga perlu2 amat mah mendingan hindari client kampret kek gini mending cari yg laen
nah skrng menuju poin kedua client kaya raya
pada dasarnya client jenis ini sebetulnya gak begitu peduli soal jam kerja, yg dia pedulikan apa kita getting the shit done or not
kalo saya akan mengejar gimana caranya saya dapat pujian dari dia, mengejar kata thanks, kalo dia bilang terima kasih, berarti waktu yg kita habiskan gak ada masalah
kalo dia komplain kita kerja terlalu lama, berarti ada masalah dengan cara kita bekerja, ya kita perlu evaluasi cara kerja kita
kalo mau jujur sebetulnya agak susah ngitung secara akurat apa waktu yg kita habiskan fair atau nggak, yg penting sih kita kerja apa adanya aja
buat saya sih indikasi fair itu adalah kepuasan dari client, nggak penting waktu yg kita habiskan berapa jam, selama client puas ya it doesn’t matter
percayalah client kaya raya gak akan ngomel2 kalo cuma nambah sejam dua jam selama kerjaan kita ok, komunikasi bagus (baca : kalo ada masalah ma kerjaan cepat diskusikan)
dan soal teknis ngitung jam kerja saya sih biasanya pake notepad udah cukup yg nantinya tiap minggu masukin ke invoice di paypal
kecuali kalo di upwork ya udah ada toolnya buat ngerekam jumlah jam kerja