Diskusi: Cara Melakukan Tracking Jam Kerja Yang Berbasis Hourly Rate

Mari kita berdiskusi bagaimana sih caranya melakukan tracking pekerjaan yang sistemnya hourly rate? Jujur saja nih kalau saya pribadi sebagai employer atau klien sih sebetulnya ga terlalu peduli dengan jam kerja, yang penting hasilnya sesuai dengan deadline yang disepakati bersama. Mau pekerjanya nonton YouTube sambil kerja atau nge-game sepanjang hari, saya ga terlalu peduli.

Nah, sekarang saya mau mencoba membalik posisi. Idenya saya sebagai vendor mau menjual waktu saya. Misal:

  • Untuk klien A saya akan bekerja 5 jam seminggu
  • Untuk klien B saya akan bekerja 10 jam seminggu
  • dsb

Bagaimana caranya memastikan jumlah jam per minggu itu fair ke klien? Karena saya belum pernah melakukan hourly rate.

2 Likes

Saya biasanya per klien/project dikerjain beda hari. Misal klien A hari Senin, Klien B hari selasa nya

Sampe bener2 selesai gitu bergantian. Tapi, saya obrolin dulu ke klien biasanya. Rata2 mau semua dikasih metode gitu :slight_smile:

2 Likes

ada 2 macam client

  1. client pelit
  2. client kaya raya

client pelit akan selalu kepo tentang jam kerja walopun kerja kita bagus, dan nanya2 mulu

task ini kok abis segini, task itu kok abis segitu … buat saya berhadapan dengan client ini sulit mencapai kata “fair”, kalo ga perlu2 amat mah mendingan hindari client kampret kek gini mending cari yg laen

nah skrng menuju poin kedua client kaya raya

pada dasarnya client jenis ini sebetulnya gak begitu peduli soal jam kerja, yg dia pedulikan apa kita getting the shit done or not

kalo saya akan mengejar gimana caranya saya dapat pujian dari dia, mengejar kata thanks, kalo dia bilang terima kasih, berarti waktu yg kita habiskan gak ada masalah

kalo dia komplain kita kerja terlalu lama, berarti ada masalah dengan cara kita bekerja, ya kita perlu evaluasi cara kerja kita

kalo mau jujur sebetulnya agak susah ngitung secara akurat apa waktu yg kita habiskan fair atau nggak, yg penting sih kita kerja apa adanya aja

buat saya sih indikasi fair itu adalah kepuasan dari client, nggak penting waktu yg kita habiskan berapa jam, selama client puas ya it doesn’t matter

percayalah client kaya raya gak akan ngomel2 kalo cuma nambah sejam dua jam selama kerjaan kita ok, komunikasi bagus (baca : kalo ada masalah ma kerjaan cepat diskusikan)

dan soal teknis ngitung jam kerja saya sih biasanya pake notepad udah cukup yg nantinya tiap minggu masukin ke invoice di paypal

kecuali kalo di upwork ya udah ada toolnya buat ngerekam jumlah jam kerja

4 Likes

Rich Client, Poor Client

1 Like

kalau dari pengalamanku kerja di 2 jenis Hourly yang berbeda sbb

Part Time Hourly
Untuk kerjaan partime ini client ga menuntut kita harus sekian jam per minggu karena memang kita kerja cuman kalau diperlukan. dan untuk hourly yg part time gini aku biasa ngasi hour estimate by task

Full Time Hourly
Kalau full time ini kebanyakan bebas atau limitnya lumayan tinggi (setara full time) 8 jam x 5 hari dan ada juga yang no limit. Dan full time ini biasa dipantaunya lebih ke secara general, selama kerjaan dan perusahaan baik2 saja ngelog 40 jam + per minggu ga akan masalah

Kalau supaya fair mungkin patokannya bukan jumlah jam ya, lebih ke result yg kita deliver
Aku selalu ngelog jam lebih dari jam yg sebenernya aku pake untuk ngerjain suatu task (tapi masih dalam batas wajar) Misal kerjaan A aku bisa selesaikan dalam 1 jam tapi aku log 3 jam pun masih masuk akal lgs aku log 3 jam :joy:

2 Likes

Berarti intinya tetap subjektif ya kalau masalah jam dan hasil yang diberikan apakah fair atau tidak.

Sebuah insight.

1 Like

Saya sih minta bantuan “TRELLO” ;p

Minta employee kita nulis dulu kerjaan dia apa aja (tentu setelah kita menyelesaikan kemauan kemauan kita)

Nah,
Dengan TRELLO, saya mudah melihat Proses dan Progres nya

Btw,
Saya biasa pakai Pola 70-30.
Minggu ini 70% Remote, 30% ngantor
Minggu depan 30% yang Remote, 70% ngantor

Tapi dengan melihat ke TRELLO,
Kalau kerjaan mereka dah rampung semua, mereka bisa 70% remote terus :slight_smile:

Semoga Bermanfaat :slight_smile:

1 Like