Kota idaman para pekerja remote lokal?

Abis baca artikel ini, saya jadi penasaran. Seandainya di Indonesia, remote working sudah semakin mainstream, kira-kira kota mana yang orang pilih sebagai pelarian ya?

1 Like

Mungkin tujuannya bakal ke daerah2 yg lebih affordable ya, karena kalo 1 daerah makin rame jadi tujuan remote worker / nomad, harga2 pasti pada naik kayak di Canggu, Bali contohnya

Kalo misal di Bali selain tempat tinggal sekarang (Kuta) mungkin aku ke Singaraja (Bali Utara) karena disana masih affordable banget bahkan tempat2 yg kece masih bisa dibilang murah

1 Like

Punthuk Setumbu :grin:

2 Likes

More affordable is one thing (karena lagi-lagi ini tergantung gimana gaya hidup kita). Bali utara menarik sih secara alam, tapi kayanya bakal susah akses transportnya dan aku nggatau infrastrukturnya (terutama komunikasi) gimana. Kalo aku mungkin tertarik sama kota alternatif kayak Malang, Semarang, Jogja. Aku penasaran sih, kalau di luar Jawa kota alternatif yang menarik kira-kira apa ya?

1 Like

wah, bisa nih buat piknik!

1 Like

Buat sepeda-an, la-lari-an juga enak kok kak @kelimuttu. Dingin dan udaranya bersih.

1 Like

Harus daerah yang dingin agar menghemat AC, wkwk . Lalu kalau bisa dekat tempat wisata dan juga mall. Pilihan saya jatuh di Batu atau Malang.

3 Likes

Gw lagi di Jogja nih sekarang. Stay di daerah dekat perempatan tugu yg terkenal itu.

Di daerah sini banyak cafe / co-working space. Banyak makanan murah. Enak semua, belum pernah fail so far. Fasilitas lengkap. Orang2 ya juga ramah.

Kalo Bali gw juga cuma suka beberapa area aja. Canggu misalnya.

Sulit sih kalo ngomong skala kota. Terlalu luas. Contoh aja daerah rumah gw sekarang enak banget. Belakangnya danau, dekat bukit2. Tapi kota Bandung Barat in general busuk sih.

1 Like

Kota Baru Parahyangan bukannya lumayan Mas @rzky? Eh ini masuk KBB kan ya?

1 Like

Kalau aku sih:

Tetap area Bali. Kalau kondisinya masih sama seperti sekarang, selain kawasan Bali selatan sepertinya nggak deh. Infrastrukturnya gak oke terutama internet.

Beberapa alternatif lain yang ada di pikiran:

  1. Papua, lebih tepatnya Jayapura. Saya pernah tinggal di Jayapura sekitar tahun 95-99, saat itu saja menurut saya sudah tergolong maju: ada bioskop lho haha, dan alamnya indah. Internet zaman itu belum ada sih. Tapi kalau saya lihat foto-foto teman-teman SD saya yang masih tinggal di Jayapura sepertinya tetap bagus dan masih indah. Tahun 95-99 angkotnya saja lebih banyak dibandingkan Bali. Hanya saja kalau harus mendadak ke Jawa atau ke luar negeri bakal mahal sekali kerja dari Jayapura.
  2. Palembang. Kota tempat saya numpang lahir. Membaca keadaan Palembang sekarang, sepertinya kota ini sudah sangat maju. Menarik untuk dicoba. Akses penerbangan ke Jakarta atau ke Singapore (sebagai hub Asia Tenggara) masih terjangkau.
1 Like

Iya. Masih Bandung Barat. Kalo tempat gw sih enak banget. Tapi keluar kompleks udah wild wild west.

Tapi ibu kota baru looks promising sih. Kalau dibuat dengan city planning yg baik gw akan sangat tertarik pindah kesana sih.

1 Like

Tapi ibukota baru kok nampak beresiko dengan asap ya. Udah macam event tahunan aja ini.

1 Like

Kebakaran hutan bukannya di Sumatra ya? Atau di Kalimantan juga sering kejadian? Sori gw gak terlalu ngikutin berita.

1 Like

Dua-duanya. Ini temenku si @harrysaputra tinggal di Pontianak. Lagi mandi asap dia.

1 Like

Kalo udah jadi ibukota baru, kemungkinan besar bisa berkurang resiko asapnya… Karena kan pejabat negara ada disitu semua :smiley:

1 Like

Dua-duanya mas…

1 Like

Setuju sih sama komen-komen sebelumnya… Tempat yang udaranya masih enak (daerah dingin kalau bisa) dan transportasinya gampang + ngga mahal.

Bali ideal sih sebenernya (secara infrastruktur komunikasi, transportasi, dan hiburan ). Aku juga suka waktu tinggal di sana. Tapi sedihnya timezone jadi nambah 1 jam. Kalo meeting sama rekan di EU/US jadi makin PR.

Sumatra kayanya lebih feasible untuk dicobain buat orang yang biasa tinggal di Jawa ya? Manarik… :thinking:

1 Like

iya nih menarik ya ibu kota baru, dan nampaknya teman - teman disini juga berencana pada pindah kesitu.

1 Like

Tapi Jakarta is getting better sih imo. Terutama untuk yang lokasinya di jangkau transportasi umum.

Kalo gw lagi di Jakarta, commuting gw ke kantor udah gak ketemu jalanan lagi. Start dari commuter line trus nyambung MRT, langsung turun depan kantor. Udah mulai berasa kayak kota modern gitu. Lol.

Tapi not everyone is so lucky ya. Hehe.

Untuk ke stasiun CL, tinggal jalan mas @rzky?

Kalau saya masih perlu naik sepeda :bike: untuk naik transportasi transportasi publik yang layak (baca: enggak ngetem) :smiley: Atau ya paling praktis, naik ojol aja. Makannya, pengen banget ada tempat parkir sepeda di sekitar stasiun.