Menyiasati biaya transfer antar negara dengan Jenius dan TransferWise

Teman-teman remote mungkin sudah banyak yang tahu tentang TransferWise atau malah pelanggan setia untuk menerima bayaran dari klien di luar negeri. Layanan Jenius dari BTPN juga mungkin sudah banyak yang tahu. Kedua layanan ini memiliki kesamaan, yaitu sama-sama tidak bisa digunakan untuk mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri. Repot kan misalnya kita punya vendor di luar negeri, terus bingung mau bayarnya. PayPal mahalnya amit-amit.

Tetapi, kalau kita gabungkan kedua layanan ini, sesuatu yang tidak mungkin malah menjadi mungkin. Biayanya pun super murah. Semoga artikel lifehack ini membantu.

4 Likes

Ini menarik sekali, hidup jadi mudah dengan kombinasi canggih ini!

Jenius juga bisa simpan saldo mata uang asing kan. Jadi harusnya bisa potong biaya konversi lagi. Bener gak?

One thing I notice sewaktu kerja diluar negeri, bank yang sama* belom tentu terkoneksi. Jadi tetap harus diakalin seperti ini sih.

  • Waktu itu Maybank
1 Like

Jenius ada saldo asing. Di aplikasi saya adanya USD, JPY, dan SGD. Permasalahannya balance TW yang USD ga bisa topup pakai debit. Ga tau kalau balance GBP. Soalnya ada yang komentar ke saya, di app Jenius dia ada mata uang GBP (kok bisa beda ya sama-sama Jenius.)

Gak tau balance TW yang GBP bisa topup ga pakai debit card.

1 Like

Iya ada kok gdp . Sudah cb update apps nya ?

1 Like

Kok sepi nih forumnya. Agak OOT gpp ya :smiley:

Saya belum punya Jenius, tapi kalau baca komentar orang di media sosial, termasuk di thread ini, kok produknya tampak menarik. Ada yang bilang bisa dipakai buat naik MRT di Singapura.

Apa iya segitu menariknya kah Jenius? Belum ada produk perbankan serupa yang menandingi Jenius-kah?

Iya, nih. Pada sibuk kerja terus kayanya sampai lupa posting :smiley:

Jenius punya VISA PayWave di kartunya, itu mengapa bisa dipakai di MRT Singapura atau merchant-merchant lain di seluruh dunia yang punya logo serupa. Sampai sejauh ini sih yang mirip Jenius (beroperasi hanya lewat mobile app) di Indonesia kayanya belum ada lagi ya.

Cuma beberapa bank mulai punya layanan online debit card, itu lho buat belanja online tapi pakai kartu debit. Dulu pas Jenius keluar, layanan itu belum ada di bank-bank lain.