Seperti apa sih aktivitas diluar kerjaan kantor yang bisa dilakukan oleh sesama pekerja remote?

Let’s face it. Kerja remote artinya jarang atau bahkan tidak pernah bertemu secara rutin dengan teman kerja (coworker). Kadang-kadang terasa sepi sekali karena seperti kerja seorang diri. Lalu, gimana cara kalian meluangkan waktu dan bersosialisasi dengan teman kerja yang berbeda lokasi?

Kalau saya, jujur saja, karena ada di C-level jadi kurang dekat dengan pegawai. Mungkin karena merasa sungkan kali ya? Pengen deket tapi jaim. Padahal saya bisa garing (dan ngeselin) juga, kok :stuck_out_tongue_closed_eyes:

Barusan saya baca-baca soal burnout dan loneliness yang dihadapi oleh banyak pekerja remote di seluruh dunia. Penghasilan yang besar dan cara kerja yang fleksibel ternyata tetap saja tidak selalu berhasil menghilangkan masalah-masalah seperti itu.

Ada beberapa solusi unik yang dibuat perusahaan-perusahaan remote-first. Misalnya seperti ini:

Nah, kalau di tempat kerja kalian bagaimana? Cerita dong…

2 Likes

Kalo di tempat kerja saya, selalu ada Team Hangout (vidcall) rame-rame seminggu sekali. Dan ada juga vidcall 1:1 dengan Team Lead seminggu sekali.

Ketika baru masuk, ada sistem buddying. Jadi staf baru akan didampingi 2-3 buddy (Team Buddy, Division Buddy, dan Mentor) selama proses adaptasi. Itu boleh ngobrol apapun dan curhat apapun kalo mau. Bahkan ketika program buddy atau mentor sudah selesai, masih boleh haha-hihi juga. Seneng sih, nambah temen :smile:

Dalam kantor juga ada berbagai macam komunitas; di Slack, channel non-work juga dianjurkan. Dari berkebun, channel khusus kucing, channel khusus anjing, channel ngomongin makanan, sampe Lego. Jadi selalu ada obrolan yang bukan kerjaan.

Soal mental health, karena saya masih anak baru di dunia remote working, saya pribadi sempet terkaget-kaget dan burnout. Ngobrol sama suami dan temen-temen tim di kantor, Alhamdulillah banyak yang paham dan ikut ngobrol. Sekarang belajarnya itu kapan harus stop kerja dan bener-bener nikmatin waktu saat ga kerja (jadi ga yang ngecek Slack atau e-mail kantor selepas jam kerja) :sweat_smile:

2 Likes

Huwah! Asik bangeeettt… Iya, obrolan ngalor-ngidul nan receh itu penting ya ternyata :joy:

1 Like

Sejauh ini aktivitas diluar kantor ku bareng sesama pekerja remote cuma di group SKR aja
ngobrol2 ga jelas, meetup2 random :joy:

1 Like

Iya, karena gak punya kantor jadi gak punya batasan yang jelas antara kerja dan tidak-kerja. Ini bisa jadi pisau bermata-dua. Kerja mulu (pikirannya), gak berhenti-berhenti, jadi terus capek.

Saya pribadi sekarang berusaha melakukan aktivitas fisik setiap hari di luar ruangan. Misal berkebun, jalan kaki, sepeda-an.

Oh, kembali ke topik: kalau sesama pekerja remote, kebayangnya janjian kerja bareng di coworking space. Tapi ini baru rencana, belum ada temennya soalnya :smiley:

1 Like