Skill yang sebaiknya dikuasai untuk bisa bekerja remote dengan efektif

Saya sempat bekerja remote dari tahun 2016-2018, namun mendapati saya mengalami beberapa kesulitan dan berkesimpulan saya adalah orang yang belum siap bekerja remote.

Berikut adalah hal-hal yang menurut saya sebaiknya dipelajari untuk mempersiapkan kerja remote, dan akan jadi panduan saya kedepan untuk bersiap-siap lagi mencari kerja remote :grinning:

  1. Belajar menjadi manager bagi diri sendiri. Bisa menentukan arah sendiri, inisiatif, proaktif dan tahu apa yang selanjutnya harus dilakukan tanpa harus diarahkan terlalu banyak oleh atasan. Hal ini juga sering disebut Manager of One

  2. Belajar komunikasi, over communicate jika perlu. Komunikasi tatap muka saja saya masih sering menyampaikannya kurang baik, jika agak sulit dijelaskan dengan chat, coba visualisasikan dengan diagram, jika masih susah coba voice call dan video call. Jangan takut untuk over communicate.

  3. Thinking out loud. Belajar mengungkapkan isi pikiran dengan interaktif melalui diskusi di chat. Ini berguna juga untuk mengurangi asumsi sepihak, dan saling bertukar pikiran antar anggota tim.

  4. Belajar Metode Get Things Done. Metode ini menurut saya cukup membantu untuk dilakukan, belajar membuat todo list, pastikan setiap item todo adalah hal yang sudah jelas langsung bisa dilakukan.
    Gunakan 2 minutes rule untuk menghindari todo list item yang terlalu banyak. Jika task bisa dikerjakan kurang dari 2 menit, lakukan saat itu juga sehingga tidak perlu dimasukan ke todolist.

  5. Membuat laporan pribadi seperti weekly review, monthly review untuk retrospective. Sedikit menoleh kebelakang melihat apa yang dipelajari, dan apa yang bisa dilakukan lebih baik kedepannya.

Demikian 5 hal yang kiranya perlu saya pelajari, jika teman-teman punya hal menarik lainnya mohon ditambahkan :grinning:

3 Likes